Pencarian

Jumat, 13 Juli 2018

Alternatif cara simpan video dengan suara dari layar hp android

Posting kali ini dilatarbelakangi oleh kejadian dihapusnya video saya di youtube. Sebuah video anak saya waktu bayi dimandiin mamanya. Sebenarnya video itu sudah saya set private, bukan public. Entah kenapa ada yang me report sehingga video tersebut dihapus oleh pihak youtube. Untungnya, saya sempat download video tersebut via aplikasi youtube. Video hasil download ternyata hanya bisa dibuka dengan aplikasi youtube dan akan dihapus dalam waktu 30 hari. Karena saya tidak yakin memiliki backup video tersebut, maka dicarilah cara untuk menyimpan video hasil download tersebut.
Beberapa cara sempat saya baca, antara lain dengan aplikasi recorder layar hp. Ada juga yang melakukan copy dari file EXO di folder download youtube. Namun tampaknya file exo tersebut telah dienkripsi oleh youtube sehingga hanya bisa dibuka di aplikasi youtube.
Dari beberapa cara tersebut ternyata di hp xiaomi, ada fasilitas video recorder yang berguna untuk merekam aktivitas tampilan layar hp. Kebetulan hp saya xiaomi redmi note 5. Nah, saya coba untuk menyelamatkan video hasil download youtube tadi, sebelum hilang dihapus youtube.
Berikut langkahnya :
1. Buka aplikasi video recordee di hp xiaomi. Biasanya di grup folder Tools.
2. Atur setting, klik tanda baut di pojok kanan atas. Kemudian ganti pilihan Sound Source ke Mic. Ini berguna agar suara ikut terekam. Jangan lupa saat merekam cari tempat yang sunyi.. (misal di kamar mandi) :D
3. Klik icon recorder di kanan bawah. Nanti muncul tombol start/end untuk memulai dan mengakhiri proses recording video.
4. Buka aplikasi youtube, putar video yang telah di download tadi. Saat video mulai diputar, jangan lupa tekan tombol record. Setelah selesai, klik tombol record untuk mengakhiri. Tralaaa.. Video berhasil diselamatkan.. 😁


Tidak ada komentar:

Posting Komentar